FAQ

1. Apa itu Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) ?


SIKN atau Sistem Informasi Kearsipan Nasional adalah sarana yang digunakan untuk menghimpun data atau informasi kearsipan (arsip dinamis dan arsip statis) oleh simpul jaringan (pencipta arsip maupun lembaga kearsipan).

2. Apa itu Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) ?


JIKN atau Jaringan Informasi Kearsipan Nasional adalah sarana web yang memungkinkan masyarakat mencari informasi kearsipan yang telah dihimpun oleh simpul jaringan baik menggunakan Aplikasi SIKN maupun aplikasi kearsipan lainnya yang memiliki interoperabilitas dengan aplikasi SIKN.

3. Siapa pengelola SIKN dan JIKN ?


SIKN dan JIKN dikelola oleh Arsip Nasional Republik Indonesia yang berada di Unit Kerja Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional beralamat di Jl. Raya Ampera Raya No. 7, Jakarta Selatan 12560. Untuk pertanyaan umum silakan menghubungi Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional di nomor Telp. (021) 780 2043, Fax (021) 781 0283 atau melalui e-mail [email protected].

4. Bagaimana mengakses SIKN dan JIKN ?


SIKN dan JIKN dapat diakses melalui perangkat perangkat Anda melalui browser dalam kondisi terhubung melalui jaringan internet dengan mengetikkan alamat www.jikn.go.id atau link dari daftar simpul jaringan yang sudah bergabung .

5. Siapa saja yang dapat mengakses SIKN dan JIKN ?


SIKN dan JIKN terbuka untuk umum dan dapat diakses oleh lembaga, instansi, masyarakat maupun perseorangan.